Hasil Survey LSPI: Warga Jakarta Lebih Suka Yusril Daripada Ahok

0
167

JAKARTA, SriwijayaAktual.com  – Langkah hukum yang dilakukan oleh bakal calon gubernur (bacagub) Yusril Ihza Mahendra untuk membela warga Jakarta dari penggusuran yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, terutama warga Bidara Cina dan Luar Batang menuai hasil positif. Terlihat dari hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), tingkat kesukaan (likeabilitas) Yusril lebih tinggi dibanding calon petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Bila tingkat kesukaan warga Jakarta terhadap Basuki mencapai 65,1 persen, maka tingkat kesukaan warga Jakarta terhadap Yusril mencapai 67,3 persen.

Disusul dengan tingkat kesukaan warga Jakarta terhadap Tri Rismaharini (61,7 persen), Ahmad Dhani (43,2 persen), Adhyaksa Dault (34,6 persen), Haji Lulung (31,5 persen), dan Nachrowi Ramli (30,6 persen).

Peneliti LSPI, Julian Haris, mengatakan, menurunnya tingkat kesukaan warga Jakarta terhadap Basuki bukan hanya karena ada penggusuran yang dilakukannya. Melainkan, kata dia, tidak sedikit warga Jakarta yang menilai Basuki sebagai pribadi yang arogan dan kasar.

“Selain itu, isu politik, sosial, ekonomi dan hukum juga sangat mempengaruhi pemilih di Ibu Kota. Isu hukum yang saat ini merebak yaitu isu pembeliah lahan Sumber Waras, Reklamasi Teluk Jakarta dan banyak penggusuran,” kata Julian di Hotel Sofyan Inn, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (3/6/2016).

Survei LSPI ini dilakukan pada 21 – 27 Mei 2016 terhadap 440 responden di 44 kelurahan di enam wilayah di Jakarta. Para responden diwawancara langsung dan memperoleh tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error 4,8 persen.

“Dalam melakukan survei, kualitas para bakal calon yang maju di Pilkada DKI Jakarta 2017 sangat diperhatikan dan memberikan pengaruh terhadap warga Jakarta,” ungkapnya. (Kamarberita/Adm)

Tinggalkan Komentar